Blog

saham_dghjsk_20160216_074808
3 Jan

Tips Agar Tidak Terjebak Dengan Data Fundamental

Di dalam bertrading emas online, ada dua hal yang memepengaruhi yaitu analisa teknikal dan analisa fundamental. Ada juga para trader yang trading hanya menggunakan analisa teknikal saja atau analisa fundamental saja, tetapi ada juga yang menggunakan kedua analisa baik teknikal maupun fundamental.

Untuk analisa fundamental, pergerakan disebabkan oleh karena adanya berita atau news ekonomi, politik, dll yang terjadi di suatu negara.

Berikut beberapa hal yang harus diketahui tentang data fundamental :

Data Ekonomi yang Mempunyai Efek Terhadap Pasar

Data ekonomi merupakan data yang digunakan sebagai indikator untuk mengetahui kondisi ekonomi suatu negara atau kawasan. Data tersebut dapat memberikan informasi atau sinyal bagi para trader untuk mengambil keputusan dalam bertrading karena data yang dirilis akan mempunyai dampak terhadap nilai tukar mata uang suatu negara.

Data-data ekonomi yang cukup penting saat dirilis seringkali dapat mengubah arah pasar atau trend harga. Anda harus memahami apakah data tersebut bagus atau buruk terhadap suatu mata uang apalagi anda sedang ada posisi untuk mata uang tersebut. Contoh data ekonomi yang sangat penting dan sangat berpengaruh di suatu negara seperti data GDP, data sektor ketenagakerjaan seperti non-farm payrolls serta data consumer price index yang merupakan data untuk mengukur tekanan inflasi suatu negara.

Jadwal Dirilisnya Suatu Data Ekonomi

Data ekonomi memiliki jadwal yang disebut dengan ‘kalender ekonomi’. Para trader biasanya akan memperhatikan dan menunggu data tersebut dirilis khususnya untuk data-data ekonomi yang dapat memberikan efek sangat besar bagi pasar atau market.

Data-data ekonomi mempengaruhi pergerakan harga bahkan dalam hitungan detik. Untuk saat ini banyak sumber di internet yang menyediakan jadwal dirilisnya data ekonomi atau berita-berita fundamental.

Analisa Data yang Dirilis

Data ekonomi yang dirilis oleh tiap tiap negara dapat memberikan efek ke negara tersebut tetapi belum tentu juga memberikan imbas ke negara lain.

Misalnya data CPI dari negara Inggris, pada saat data tersebut dirilis akan berdampak terhadap mata uang poundsterling tetapi belum tentu berdampak terhadap Yen Jepang atau Aussie. Tetapi US dollar merupakan kunci penggerak di pasar forex, oleh karena itu para trader harus memperhatikan hal yang berhubungan dengan AS dan bank sentralnya (The Fed)

Antisipasi Terhadap Data Ekonomi yang Dirilis

Sebelum berita dirilis maka para trader dan ekonom telah mengantisipasi, biasanya semua data ekonomi dirilis dalam bentuk angka. Mereka mencoba memprediksi kira-kira seberapa besar data yang akan dirilis tersebut berdasarkan pengetahuan dalam bidang ekonomi. Jika rilis data di luar perkiraan para analis atau ekonomi, maka hal tersebut dapat memicu volatilitas di pasar.

Jikalau anda seorang trader maka baiknya anda dapat menganalisa fundamental supaya dapat membantu anda dalam bertrading. Dapatkan profit trading dengan analisa fundamental.

Print Friendly, PDF & Email

Add Comment